Powered By Blogger

SERBA-SERBI INFO

Kamis, 31 Maret 2011

INSTALL COMPUTER.


Computer adalah sebuah alat elektronik yang menyimpan data dan program serta memproses data dengan mengikuti instruksi-instruksi dalam sebuah program sehingga diperoleh output data. Berbicara mengenai computer memang terkadang membosankan karena sering sekali computer kita lambat,hang,restart berulang- ulang dan banyak lagi penyaklit yg lain. Sehingga kita capek ngurusinnya nah  kalau sudah seperti ini  satu - satunya cara paling ampuh hanyalah dengan instalasi, biar smua penyakit-penyakit, virus-virus yang ada di dalamnya hilang.
Tapi kalau instalasi itu biasanya kan membutuhkan yang mahal, coba anda bayangkan sekali anda instalasi biayanya Rp.70.000 paling kurang, jika anda tidak mahir dalam perawatan komputer bisa-bisa satu bulan 3 kali install kan,  kalikan saja berapa....??? nie saya kasih saran ni ma kamu.......!!!
Mendingan install jha dengan cara berikut ini....:
1.      Yang pertama kamu harus punya CD installer windows kalau memang mau pakai windows. Terus backup dulu data-data yang tersimpan di drive C ke D. Restasrt PC trus booting pakai CD instaler tadi. Selanjutnya tinggal bext next-bext next ja. Kalo ada form isian tinggal diisi saja dengan identitas atau lokasi kamu. Jangan lupa catat CD key yang biasanya tertera di CD, soalnya nanti ditanyakan sewaktu kamu instal. Kalo sudah selesai instal driver-driver yang dibutuhkan. Paling gampang masukan saja CD driver bawaan PC kamu. Sekali setup selesai otomatis keinstal semua. Lalu tinggal kamu instal apilkasi yang kamu butuhkan misalnya Ms.office dll.
Caranya sama. Masukan saja CD aplikasinya. Kalau autorunnya tidak jalan, browse aja trus klik setup.
Step by step prosesing installing computer :1. Masukin CD/DVD Windows, kalau muncul menu,
klik close saja.

2.      Restart computer kamu

3.      Sewaktu  logo motherboard muncul, masuk ke config (biasanya del, atau F2, atau F4, dll tergantung dari jenis BIOS-nya), set first boot ke CD/DVD-ROM.
Note: Pada motherboard2 tertentu biasanya ada boot menu yang memungkinkan kita untuk melakukan boot dari hardware tertentu tanpa perlu masuk ke dalam config BIOS yang membingungkan.

4.      Habis itu biasanya ada tulisan, “Press any key to boot from CD.”  tekan sembarang tombol
5.      Tunggu komputer meload content dari CD. Ikuti instruksi-instruksi yang muncul, misalnya menyetujui EULA, dll.
6.      Habis detecting previous OS version, biasanya ada pilihan repair atau don’t repair. Pilih yang don’t repair.
7.      Sesudah itu bakalan muncul harddisk2 yang terhubung ke PC.
8.      Delete/hapus partisi-partisi yang ada.
9.      Buat partisi-partisi yang baru. Jumlah dan ukuran partisi tergantung keperluan.
10.  Tekan enter pada drive tujuan instalasi Windows dan anda akan disuguhkan sebuah menu formating. Sebaiknya menggunakan NTFS, karena masalah kompatibilitas dan keamanan (sistem partisi NTFS memiliki support terhadap kompresi data yang lebih baik dan encrypt data), dan terlebih lagi (menurut saya) lebih cepat.
11.  Tunggu sampai format dan proses pengcopyan data ke dalam harddisk selesai.
12.  Restart komputer.
13.  Setting komputer untuk boot dari harddisk kembali.
14.  Sampai disini anda sudah masuk 80 % dalam proses instalasi Windows.
15.  Ikuti instruksi-istruksi (setting/atur jam, setting bahasa, dll) sampai akhirnya anda diharuskan melakukan restart dan sampai saat ini proses penginstalasian sudah selesai.
16.  Satu hal yang perlu anda ingat ini hanya tahap permulaan, karena pada akhirnya anda direpotkan lagi dengan keharusan menginstall driver dan software-software yang begitu banyak
17.  Pastikan anda sudah:
1.      Backup data-data penting, My Document, music, pic, video, dll.
2.      Backup data-data jadwal, calendar, meeting, appointment, dll.
3.      Backup bookmark website2 favorit.
4.      Backup setting2 software dll.
5.      Menyiapkan CD dan file instalasi driver dan software.
6.      Dan yang paling penting anda sudah menyiapkan CD/DVD Windows.


jangan lupa tinggalkan pesan dan komentar anda ya..........


okey saya tunggu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar